SILABUS
Sekolah : SMP
Kelas/ Semester : VII (Tujuh)/ 1 (Satu)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA
Standar Kompetensi : SENI RUPA
1. Mengapresiasikan Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Mengindetifikasikan jenis karya seni rupa terapan daerah setempat 1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat | · Pengertian seni, cabang-cabang seni, unsur-unsur seni, sifat dasar seni secara umum. · Beragam jenis, bentuk, teknik, pembuatan, fungsi,dan makna karya senirupa tradisional daerah setempat · Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat meliputi: pengertian, jenis-jenis, ciri-ciri, dan sebagainya | · Membaca referensi tentang seni rupa daerah setempat · Mengklasifikasi seni rupa terapan daerah setempat · Mendiskusikan keragaman jenis, bentuk dan fungsi serta makna karya seni rupa daerah setempat · Mempresantasikan hasil diskusi · Diskusi kelompok tentang hasil karya seni rupaterapan daerah setempat · Membuat kliping tentang hasil karya seni rupa tradisional daerah setempat · Melihat langsung hasil karya seni rupa di museum daerah setempat | · Mendiskripsikan beragam jenis, bentuk dan teknik pembuatan karya seni rupa tradisional daerah setempat · Mendeskripsikan beragam fungsi dan makna pada karya seni rupa tradisional daerah setempat. · Membuat tanggapan tertulis tentang karya seni rupa tradisional daerah setempat · Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk , dan makna pada keunikan karya seni rupa daerah setempat · Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan karya seni rupa tradisional daerah setempat | Tes Kuis Tes unjuk kerja Tes | Tes tertulis Penugasan Tes tertulis | · Sebutkan 3 jenis karya seni rupa tradisional yang ada di daerahmu Jelaskan fungsi dan makna dari karya seni rupa yang ada di daerahmu Buatlah kliping tentang hasil karya seni rupa di daerahmu dan berikan tanggapan ! Berilah tanggapan tentang secara tertulis tentangkarya seni rupa tradisional di daerahmu | jam | Buku teks Media cetak Media elektronik Buku teks Media cetak Media elektronik |
Standar Kompetensi : SENI RUPA
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat 2.2. Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat 2.3. Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat. | · Pengertian, teknik menggambar bentuk (teknik arsir, komposisi, gelap terang) penggunaan media dalam menggambar bentuk karya seni rupa daerah setempat · Karya seni rupa etnik daerah setempat meliputi: pengertian benda pakai,benda hiasantara lain dari segi motif, corak, teknik dan sebagainya · Teknik-teknik pembuatan benda pakai dan benda hias · Corak-corak ragam hias daerah setempat | · Membaca referensi · Membuat sketsa gambar bentuk seni rupa terapan daerah setempat · Membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa daerah setempat · Membaca referensi tentang seni rupa daerah setempat · Membuat desain karya seni kriya untuk benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat · Membuat desain karya seni kriya untuk benda hias teknik dan corak daerah setempat · Membaca referensi · Membuat benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat · Membuat benda hias dengan teknik dan corak daerah setempat | · Membuat rancangan gambar bentuk. benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat. · Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat · Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat · Membuat disain benda hias dengan teknik dan corak daerah setempat · Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik dan corak seni rupa daerah setempat. · Membuat benda hias dengan memanfaatkan teknik dan corak seni rupa daerah setempat | Tes perbuatan Tes perbuatan Tes perbuatan | Tes uji unjuk kerja Tes uji unjuk kerja Tes uji unjuk kerja | · Buatlah sketsa dari benda yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi daerah setempat · Gambarlah ragam benda yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi daerah setempa Buat disain benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat Buat disain benda hias dengan teknik dan corak daerah setempat Buatlah benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat Buatlah benda hias dengan teknik dan corak daerah setempat | | Buku teks Media cetak Media elektronik Buku teks Media cetak Media elektronik |
Standar Kompetensi : SENI MUSIK
3. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Mengindentifikasi jenis lagu daerah setempat 3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat | · Pengenalan ragam lagu etnik Nusantara daerah setempat | · Mendengarkan lagu etnik daerah setempat · Menyaksikan pertunjukan lagu etnik daerah setempat · Mengkaji elemen-elemen musik, irama, tempo,nada, dinamik lagu etnik daerah setempat · Mempresentasikan hasil diskusi | · Mengidentifikasi jenis-jenislagu etnik dari daerah setempat · Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama, tempo,nada,dinamika dan dari lagu daerah setempat · Mendeskripsikan lagu (pemainan pergaulan) yang ada di daerah setempat | Tes lisan | Tes uraian | Bagaimana pendapatmu tentang lagu etnis yang diperdengarkan Berikan tanggapan tentang elemen-elemen lagu etnik daerah setempat | 18 jam | Audio visual Buku teks Alat musik/sumber bunyi |
Standar Kompetensi : SENI MUSIK
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat 4.2. Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat | · Mengaransir ragam lagu etnik Nusantara daerah setempat | · Mendengarkan lagu etnik daerah setempat · Membaca notasi/karya lagu daerah setempat · Menuliskan pola irama, tempo,nada dan dinamika lagu etnik daerah setempat · Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat · Menyajikan hasil aransemen secara sederhana |
| Unjuk kerja | Tes Identifikasi | · Tirukan nada, irama dan dinamika lagu yang diperdengarkan · Bunyikan nada, irama tempo dan dinmika dari lagu etnik yang diperdengarkan · Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan · Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber suara) yang dipilih | 18jam | Audio visual/pertunjukan musik etnis Buku teks Alat musik/sumber bunyi |
Standar Kompetensi : SENI TARI
5. Mengapresiasikan karya seni tari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Mengindentifikasi jenis karya seni tari tunggal daerah setempat 5.2 menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal daerah setempat | · Beragam tari tunggal daerah setempat | · Membaca buku referensi tentang tarian etnik daerah setempat · Observasi di sanggar tari · Menyaksikan tari etnik tunggal secara lansung atau melalui audio visual · Mendiskusikan tentang tarian tunggal daerah setempat · Menpresentasikan hasil diskusi |
| Tes Lisan | Pertanyaan lisan Uraian | Sebutkan jenis-jenis tari etnik (tunggal)l di daerahmu Sebutkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat Jelaskan fungsi tari etnik (tunggal) di daerah mu | | 1. Rekaman audio visual 2. pertunju-kan tari 3. guru tari 4. penata tari/penari etnik |
Standar Kompetensi : SENI TARI
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.3 Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari tunggal daerah setempat 5.4 memeragakan tari tunggal daerah setempat | · Menyesuaikan pola lantai gerak sesuai dengan ragam gerak tari tunggal daerah setempat. | · Latihan menirukan gerakan karya tari etnik daerah setempat · Mencari pola lantai untuk tarian tunggal · Mempergelarkan hasil karya tari etnik (tunggal) daerah setempat. | · Menemukan pola lantai gerak berdasarkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat · Memeragakan tari etnik (tunggal) daerah setempat sesuai dengan iringannya | Unjuk kerja penugasan | Simulasi Uji petik kerja prosedur dan produk | 1. Carilah pola lantai yang sesuai untuk susunan ragam tari etnik (tunggal) yang telah kalian pelajari 2. Peragakan karya tari tunggal berdasarkan tari etnik yang ada di daerahmu sesuai dengan iringan musiknya | | 1. Rekaman audio visual 2. pertunju-kan tari 3. guru tari 4. penata tari/penari etnik |
Standar Kompetensi : SENI TEATER
7. Mengapresiasi karya seni teater
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1. Mengidentifikasi jenis karya seni teater dae- ah setempat 7.2. Menampil kan sikap apre- siatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater dae-rah setempat | · Teater daerah setempat | · Menelaah buku referensi /media cetak · Melihat pertunjukan singkat dari pergelaran teater secara lansung atau melalui media audio visual · Membuat sinopsis · Mempresentasikan hasil pengamatan | · Menunjukan unsur-unsur seni pertunjukan · Menyebutkan karya seni teater daerah setempat sesuai dengan fungsinya · Membuat sinopsis dari karya seni teater daerah setempat yang dilihat · Menuliskan keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat | Tes tertulis | Uraian | Sebutkan 3 unsur seni pertunjukan. Sebutkan fungsi karya teater di daerahmu Buatlah sinopsis dari pertunjukan karya seni teater daerah setempat yang kamu lihat Tuliskan keunikan dan pesan moral dari pertunjukan teater yang dilihat | | Buku teks Media cetak Pertunjukan teater Media audio visual |
Standar Kompetensi : SENI TEATER
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1. Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan ola suara 8.2. Merancang pertunjukan teater daerah setempat 8.3. Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater | · Teater Nusantara daerah setempat | · Melakukan latihan dasar olah tubuh, olah pikir dan olah suara Menyusun rencana pertunjukan teater daearah setempat · Melakukan latihan tea- ter bersama sesuai de- ngan tema · Menyajikan hasil latihan didepan kelas/sekolah | · Melakukan teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara · Membuat rencana pertunjukan teater daerah setempat · Melakukan prinsip kerjasama dalam berteater · Menampilkan karya teater dari daerah setempat di kelas | | | · Lakukanlah teknik :
· Susunlah sebuah rencana pertunjukan teater daerah setempat · Lakukanlah latihan teater bersama sesuai dengan tema · tampilkan karya yang sudah dilatihkan didepan kelas/sekolah | | Buku pedoman latihan teknik dasar Naskah teater/ drama |
..........................., ................................
Mengetahuai,
Kepala SMP .................. Guru Mata Pelajaran
( ...................................... ) ( ..................................... )
NIP/NIK NIP/NIK
SILABUS
Sekolah : SMP
Kelas/ Semester : VII (Tujuh)/ 2 (Dua)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA
Standar Kompetensi : SENI RUPA
9. Mengapresiasikan Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
9.1. Mengindetifikasikan jenis karya seni rupa terapan daerah setempat 9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat | Seni rupa terapan daerah setempat meliputi: macam-macam, unsur-unsur, ciri-ciri khusus, dan teknik pembuatan Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat | · membaca referensi · Mengamati contoh-contoh karya seni rupa · menulis laporan · Membaca referensi · Kunjungan pameran daerah setempat · Menuliskan tanggapan proses pembuatan seni rupa daerah setempat | · Mendeskripsikan cara pembuatan karya seni rupa terapan daerah setempat. · Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasar sosial budaya dan klasifikasinya. · Mengidentifikasi ciri-ciri khusus pada bentuk karya seni rupa terapan daerah setempat · Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik karyanseni rupa terapan daerah setempat | Tes Tes | Tes tertulis Tes tertulis | · Jelaskan proses pembuatan salah satu karya seni rupa terapan di daerahmu · Diskripsikan ciri-ciri khusus karya seni rupa daerah setempat · Buatlah tanggapan tertulis tentang keragaman hasil seni rupa setempat ditinjau darisosial budayanya | | Buku teks Media cetak Media elektronik |
Standar Kompetensi : SENI RUPA
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
10.1. Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat 10.2. membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat 10.3. Menyiapkan karya seni rupahasil buatan sendiri untuk pameran atau sekolah 10.4. Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah | · Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan daerah setempat · Pengetahuan teknik pembuatan karya seni kriya · Corak ragam hias daerah setempat · Pameran dan kreasi karya seni rupa daerah setempat, meliputi: tujuan,membentuk panitia, ,waktu, tempat, lingkup pameran · Melaksanakan pameran karya seni rupa buatan sendiri di kelas, meliputi: persiapan pameran, menyusun program, mengatur tata letak | · Membaca referensi · mengamati contoh-contoh karya seni rupa · membuat gambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat · membuat karya seni krya dengan teknik dan corak daerah setempat · membuat rancangan pameran ,meliputi jadwal, tempat, perlengkapan dan jumlah karya · Memamerkan hasil karya di kelas/sekolah | · Membuat sketsa gambar seni rupa terapan tiga dimensi · Menggambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat · Membentuk benda fungsional berdasarkan hasil karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat · Merancang pameran karya seni rupa (dua dimensional dan tiga dimensional)buatan sendiri di kelas · Melaksanakan pameran karya seni rupa dua dan tiga dimensi buatan sendiri maupun orang lain di kelas atau sekolah | Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja | Tes uji unjuk kerja Tes uji unjuk kerja Projek Projek | Buatlah sketsa untuk gambar bentuk salah satu karya seni rupa terapan di daerahmu Buatlah gambar bentuk dengan objek seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat Buatlah karya kriya dengan teknik dan corak daerahmu Buatlah rancangan pameran di kelas hasil karya buatan sendiri Buatlah pameran hasil karya sesuai dengan tema di kelas/sekolah | | Buku teks Media cetak Media elektronik |
Standar Kompetensi : SENI MUSIK
11. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
11.1. Mengindentifikasi ragam jenis musik daerah 11.2. Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat | Tanggapan tentang karya musik Nusantara | · Membaca referensi tentang musik daerah setempat/nusantara · Mendengarkan beberapa karya musik daerah setempat/nusantara · Menulis penilaian tentang fungsi dan makna karya musik daerah setempat /nusantara yang diperdengarkan | · Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik sesuai dengan fungsinya · Menjelaskan secara lisan dan tertulis tentang karya musik sesuai dengan kehidupan masyarakatnya · Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat | Tes | Tes tulis | · Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya · Berikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan · Sebutkan keunikan dan ciri musik etnik daerah setempat | | Buku teks Tape recorder Lagu-lagu daerah setempat |
Standar Kompetensi : SENI MUSIK
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
12.1. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat 12.2. Menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas | Aransemen sederhana lagu daerah setempat | · Mendengarkan lagu etnik daerah setempat/nusantara · Membaca notasi/karya musik daerah setempat/nusantara · Menuliskan pola irama lagu daerah setempat/nusantara · Mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat · Menyajikan hasil aransemen secara sederhana baik perorangan maupun berkelampok | · Menjelaskan prosedur mengaransir musik · Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat · Membuat perencanaan pagelaran · Menyanyikan lagu daerah setempat dengan aransemen sederhana | Tes unjuk kerja | Tes Identifikasi | · Tirukan nada, irama dan dinamika lagu yang diperdengarkan · Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan · Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber suara) yang dipilih | | Lagu-lagu etnik daerah setempat Buku teks |
Standar Kompetensi : SENI TARI
13. Mengapresiasikan karya seni tari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
13.1. Mengindentifikasi jenis karya seni tari berpasangan/ kelompok daerah setempat 13.2. menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari berpasangan/kelompok daerah setempat | Beragam tari etnik berpasangan/kelompok daerah setempat | · Membaca buku referensi tentang tarian etnik daerah setempat · observasi di sanggar tari · menyaksikan tari secara langsung atau melalui audio visual · mendiskusikan tentang tari etnik berpasangan/ kelompok daerah setempat · mempresentasikan hasil diskusi | · Mengidentifikasi jenis karya seni tari berpasangan/kelompok dari daerah setempat · Menjelaskan ragam gerak seni tari berpasangan/kelompok · Menyebutkan nama berbagai tari berpasangan/kelompok · Mengungkapkan rasa/kesan tentang tari berpasangan/kelompok daerah setempat | Tes lisan dan tertulis Penugasan | Tes uraian Tugas rumah | · Sebutkan jenis-jenis tari etnik berpasangan/kelompok di daerah mu · Jelaskan fungsi tari etnik berpasangan/kelompok yang ada di daerahmu · Sebutkan 3 judul tarian etnik berpasangan/kelompok di daerah mu · Uraikan tentang kesan-kesanmu dalam menari berpsangan/kelompok | | Audio visual Buku teks Penata tari Penari etnik |
Standar Kompetensi : SENI TARI
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
14.1. Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari berpasangan/kelompok daerah setempat 14.2. memeragakan tari tunggal dan berpasangan/ kelompok daerah setempat | Beragam tari etnik berpasangan/kelompok daerah setempat | · Menyaksikan karya tari etnik berpasangan/kelompok daerah setempat · Mencari pola lantai untuk tari etnik berpasangan · Latihan menirukan karya tari etnik berpasangan/kelompok daerah setempat · Memperagakan hasil karya tari etnik berpasangan/kelompok daerah setempat | · Menyusun gerak tari etnik berpasangan/kelompok berdasarkan hasil eksplorasi · Menyajikan bentuk tari etnik berpasangan/kelompok dari daerah setempat | Unjuk kerja Penugasan | Simulasi Uji kerja prosedur dan produk | · Ceritakan gerak penghubung untuk memadukan ragam gerak tari yang satu dengan yang lainnya yang telah kamu pelajari · Peragakan karya tari berpasangan/kelompok berdasarkan taria etnik yang ada didaerahmu | | Audio visual Buku teks Penata tari Penari etnik |
Standar Kompetensi : SENI TEATER
15. Mengapresiasi karya seni teater
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
15.1. Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat 15.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat | Teater daerah setempat | · Membaca referansi tentang teater daerah setempat · Menyaksikan pertunjukan teater · Menkaji tentang unsur-unsur teater · Memberi penilaian terhadap teater yang ditonton · Mempresentasikan hasil kajian | · Menyebutkan beragam jenis karya seni teater daerah setempat · Menunjukan beragam gaya seni teater daerah setempat · Menyebutkan bentuk penyajian karya seni teater daerah setempat · Mengungkapkan tanggapan terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat | Tes | Tes uraian | Sebutkan 2 jenis karya seni teater yang ada di daerahmu Sebutkan 2 gaya seni teater Sebutkan 2 bentuk penyajian teater Bagaimana tanggapanmu terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerahmu | | Buku teks Sanggar teater Audio visual |
Standar Kompetensi : SENI TEATER
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
16.1. Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara 16.2. Merancang pertunjukan teater daerah setempat 16.3. Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater 16.4. Menyiapkan pertunjukan teater daerah setempat di sekolah 16.5. Menggelar pertunjukan teater daerah setempat di sekolah | Pementasan teater daerah setempat | Latihan teknik dasar lanjutan olah tubuh, olah fikir dan olah suara · Menyeleksi naskah yang akan dipentaskan · Pembagian peran sesuai tema · Merancang dekorasi panggung dan pementasan · Latihan bersama · Melaksanakan pergelaran/ pertunjukan teater | · Melakukan teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara · Membuat rencana pertunjukan teater daerah setempat · Melakukan latihan teater sesuai dengan tema dan peran masing-masing · Melakukan persiapan untuk pertunjukan teater daerah setempat di sekolah · Menampilkan karya teater dari daerah setempat. | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja prosedur | · Lakukanlah teknik : a. olah tubuh b. olah fikir c. olah suara · susunlah sebuah rencana pertunjukan sesuai dengan tema dan peran yang sudah ditentukan · tampilkan karya yang sudah dilatihkan di pergelaran teater sekolah | | Buku pedoman latihan teknik dasar Naskah teater/ drama |
..........................., ................................
Mengetahuai,
Kepala SMP .................. Guru Mata Pelajaran
( ...................................... ) ( ..................................... )
NIP/NIK NIP/NIK.
Assalamu'alaikum WR WB.
ReplyDeleteBlog Good
www.pambiwara.co.cc
thohir_Solo